F brothers Bersama Mahasiswa ISBI Aceh Sukseskan International Earth day

Hari bumi di peringati pada tanggal 22 April merupakan salah satu perhelatan Internasional yang diperingati setiap tahunnya. Tahun 2018 komunitas F Brothers dan didukung oleh mahasiswa ISBI ACEH kembali menggelar hari bumi di Kebun Cendikia Forum (KCF). Rangkaian acara ini di mulai pada tanggal 19 sampai 23 April yaitu berupa pre-event penanaman bibit pohon, mural, pameran sketsa, baca puisi, teater, musik, orasi budaya, doa bersama dan pemutaran film.

Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar, meningkatkan kreativitas dan memberi wawasan mengenai permasalahan lingkungan bumi dari berbagai sudut pandang. F Brothers yang terdiri dari 4 mahasiswa Seni Rupa ISBI ACEH (Ari, Hafid, Rafi dan Sabaruddin) secara spontan ingin mencoba mengelola sebuah event ini.

Pada awalnya mereka hanya ingin menggambar tembok di halaman depan rumah dan pameran sketsa saja. Rupanya ide berkembang dan respon teman-teman mahasiswa sangat antusias hingga acara ini terasa semakin lengkap. Semua ide ditampung dan kemudian performer dapat merespon venue di seputaran KCF.

Perhelatan hari bumi 2018 juga di isi dengan orasi budaya oleh Ketua RT 1 Gampong Jantho Makmur Rousfizal. Dalam orasi beliau menyampaikan bahwasanya lingkungan kita makin hari makin tercemar. Baik Atas dan bawah. Polusi udara hingga sampah di laut yang makin sesak telah mengganggu ekosistemnya. Dalam momen ini beliau mengajak warga agar menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Pada tahun 2015 saya menanam pohon jati di tempat ini, bisa dilihat di sebelah sana, kini pohon tersebut sudah mencapai 3 meter tingginya sambung beliau dan ikuti tepuk tangan penonton.

Anwar Idris selaku tuha peut Gampong dalam ceramah singkatnya menyampaikan bahwasanya sumber kerusakan di bumi tidak lepas dari ulah jahil tangan manusia. Stop tebang pohon dan mulailah menanam.

Akhirnya pihak penyelenggara F brothers and Friends melalui Mashuri selaku koordinator acara mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung berjalannya acara dari awal hingga akhir. Semoga kita senantiasa bersahabat dengan alam. Mari jaga dan rawat untuk generasi penerus umat manusia.

 

Salam Lestari.