34 Perwakilan Organisasi Mahasiswa ISBI Aceh Ikuti Pelatihan Jurnalistik

          Kamis, 12/09/2019, Jantho, Sebanyak 34 mahasiswa/i ISBI Aceh mengikuti pelatihan Jurnalistik yang dipandu langsung oleh Yarmen Dinamika, selaku Redaktur Harian Serambi Indonesia. Pelatihan jurnalistik dengan tema “Membangun semangat Muda Jurnalis Muda” merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan sebelumnya. Kegiantan jurnalistik ini dilaksanakan di dalam Gedung Pertunjukan ISBI Aceh. Acara tersebut berlangsung dari Pukul: 10.30 -13.07 WIB.

    Nurul Aflah, Humas ISBI Aceh juga selaku panitia penyelenggara pelatihan jurnalistik melaporkan bahwa pelatihan jurnalistik ini merupakan kegiatan Humas ISBI Aceh yang bertujuan untuk membantu adik-adik mahasiswa menuangkan bakat menulis dibidang jurnalis. Harapannya dengan adanya pelatihan jurnalis ini  akan melahirkan jurnalis-jurnalis muda yang bergerak dalam bidang seni tentunya. Sehingga dapat memberikan warna yang berbeda dalam dunia jurnalistik.

       Pelatihan jurnalistik ini diikuti oleh seluruh perwakilan Organisasi Mahasiswa lingkup ISBI Aceh, dan kegiatan ini juga langsung dibuka oleh Ir. Syahrizal, M. T, selaku Wakil Rektor Bidang Non akademik. Syahrizal menyampaikan bahwa peran jurnalis sangat penting dalam dunia akademisi, terlebih dalam bidang seni. Karena dengan lahirnya jurnalis muda, tentunya akan membawa perkembangan kesenian menjadi lebih baik dan semakin dikenal oleh masyarakat. Selain itu keterampilan menulis juga merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa dalam mengembangkan bakat menulis sekaligus dapat membantu dalam menyelesaikan tugas perkuliahan dengan baik.

           Dalam kegiatan ini Yarmen Dinamika selaku pemateri jurnalistik memberikan beberapa kiat-kiat dan motivasi kepada adik-adik mahasiswa/i tentang bagaimana menulis berita yang baik dan menjadi seorang jurnalis yang bertanggungjawab. Kemudian dilanjutkan memberikan pemahaman tentang kaedah-kaedah dan kode etik menjadi seorang jurnalis, dilanjutkan  dengan cara menulis berita yang baik dan benar serta  unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah berita.

       Aisyah selaku Ketua BEM ISBI Aceh juga menerangkan bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan kegiatan yang positif dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan bakat jurnalis yang ada pada diri mahasiswa. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan jurnalis-jurnalis yang bergerak di bidang seni yang bisa menjadi ujung tombak perkembangan seni kedepanya, melalui tulisan-tulisan dan keritikan sosial. Sudah menjadi keharusan bagi mahasiswa untuk bisa memberikan kontribusi terhadap  dunia akademis, tentunya dibidang seni dan budaya ungkapnya.