The Blog

SURAKARTA – Rektor ISBI Aceh Prof. Dr. Wildan M.Pd didamping oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Umum, dan Tim percepatan menuju BLU melakukan kunjungan ke ISI Surakarta.

Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan Benchmarking Transformasi PTN Satker menuju PTN BLU. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 24 September 2024 bertempat di ruang rapat ISI Surakarta. Tim ISBI Aceh disambut oleh Rektor ISI Surakarta, Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M,Hum beserta jajaran.

Dalam proses transformasi dari PTN Satker menuju BLU, ISBI Aceh perlu menyiapkan beberapa dokumen yang meliputi Standar Pelayanan Minimal, Dokumen Tata Kelola, Laporan Keuangan Pokok, dan Rencana Strategis Bisnis. Proses penyiapan dokumen tersebut, ISBI didamping oleh Universitas Dipenogoro, Semarang.

Prof. Wildan mengatakan “kedatangan kami kesini untuk belajar kepada ISI Surakarta yang baru saja menerima SK PTN BLU pada agustus 2024”. Sebagai sesama PTN Seni tentunya banyak mempunyai kesamaan, baik dalam tahap persiapan maupun pengelolaan dokumen BLU.

Transformasi menjadi PTN BLU merupakan titik kemajuan bagi ISBI Aceh yang saat ini masih berstatus PTN Satker yang masih terbatas dalam kemandirian pengelolaan. Apabila menjadi PTN Satker ISBI Aceh naik kelas menjadi institusi dengan level kedua dalam hal otonomi. Selain itu ISBI juga dapat mengelola secara mandiri seluruh penerimaan non pajak.

Dalam sambutannya, Rektor ISI Surakarta menyambut baik kedatangan tim ISBI Aceh.

“Dengan senang hati kami siap membantu ISBI Aceh dalam bertransformasi menjadi PTN BLU. Pengalaman kami sebagai PTN Seni ketika menjadi PTN BLU banyak hal yang dapat kami kembangkan apabila dibandingkan dengan status sebelumnya. Dengan segala sumber daya yang dimiliki oleh ISBI Aceh sangat memungkinkan untuk segera menjadi PTN BLU,” ujarnya. (ra)