The Blog

KOTA JANTHO – Dosen dan Mahasiswa Desain Interior Institut Seni Budaya Indonesia Aceh pada Jum’at, 11 Oktober 2024, mengikuti acara HDII Aceh Goes to Campus.

Kursus seni online

Acara tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Aceh, bekerja sama dengan tiga jurusan dan program studi desain interior dan arsitektur di

 Banda Aceh dan Aceh Besar, yaitu Prodi Desain Interior ISBI Aceh, Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Universitas Syiah Kuala (USK), dan Prodi Arsitektur UIN Ar Raniry di Aula Fakultas Pertanian USK.
Kegiatan ini menghadirkan Ketua Umum HDII periode 2024-2027 Adi Surya Triwibowo S.Sn, M.Ars., HDII yang juga membuka Raker HDII Aceh pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Ia mendukung kegiatan sosialisasi Desain Interior langsung ke mahasiswa. Hal ini menurutnya dapat membangun pengetahuan Desain Interior dan membuka luas pandangan terhadap dunia kerja kepada para mahasiswa.

Kegiatan Goes to Campus pertama ini menghadirkan pemateri Jesieca Sun, B.A (Hons), CEO Soesun Group, sebuah biro arsitektur dan desain interior ternama di Medan.

Jesieca Sun yang merupakan lulusan Lasalle College of Arts, Singapore, banyak memperluas wawasan mahasiswa, khususnya mahasiswa Desain Interior ISBI Aceh, bahwa dalam merancang ruang diperlukan eksplorasi ruang dan penjelajahan ide dari berbagai hal.

Mahasiswa Desain Interior ISBI Aceh dalam kesempatan tersebut aktif mengajukan pertanyaan kepada pembicara. Tidak hanya materi dari pembicara utama, terdapat pula acara Product Knowledge yaitu pengenalan produk dan material desain interior kepada para mahasiswa oleh beberapa vendor terkemuka di Indonesia.

Vendor-vendor yang merupakan sponsor kegiatan HDII Aceh ini didatangkan jauh-jauh dari Jakarta. Mereka membawa berbagai sampel material serta menerangkan keunggulan produk mereka.

Dalam kontes membuat konten video Instagram oleh salah satu vendor, dua Mahasiswa Desain Interior ISBI Aceh, Nurul Hidayah Rizky Amanda, Furqan Apriadi, dan dua mahasiswa lainnya dari USK dan UIN Ar Raniry menjadi pemenang konten paling kreatif. Mereka mendapatkan hadiah speasial dari vendor yang akan dikirimkan langsung dari Jakarta.

Ketua HDII Aceh, Hardianto Zainal, S.T., M.T., HDII, dalam sambutannya mengatakan bahwa HDII Aceh Goes to Campus akan menjadi program tetap HDII Aceh yang akan dilaksanakan setiap sebulan hingga dua bulan sekali.

Ke depannya HDII Aceh akan mengadakan kegiatan Goes to Campus di Kampus ISBI Aceh, Jantho. Koordinator Prodi Desain Interior ISBI Aceh, Muhammad Naufal Fadhil, S.Ars., M.Arch., yang menjadi penanggungjawab tim ISBI Aceh pada kegiatan tersebut juga menyampaikan bahwa Ketua Umum HDII sangat mendukung hadirnya Prodi Desain Interior ISBI Aceh sebagai Prodi Desain Interior pertama di Aceh, dan satu-satunya Prodi Desain Interior PTN di Sumatera.

“Ke depannya, Pak Ketua Umum HDII, sangat ingin untuk hadir langsung ke ISBI Aceh, bahkan beliau menawarkan untuk memberi masukan langsung pada kurikulum Desain Interior di ISBI Aceh” terang Naufal.

Hal ini menjadi kesempatan emas bagi Mahasiswa Desain Interior ISBI Aceh karena mereka bisa belajar banyak dari praktisi dan industri. Beberapa dari mahasiswa bahkan telah bertukar kontak dengan praktisi dan industri yang hadir.(ra)