The Blog

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM –  Prodi Desain Interior ISBI Aceh dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Aceh pada 12 Oktober 2024 menandatangani Implementation Agreement (IA) yang kedua terkait penyelenggaraan kegiatan HDII Aceh Goes to Campus 2024.

Kegiatan ini merupakan bentuk kunjungan dunia praktisi dan industri Desain Interior di bawah naungan HDII Aceh serta memberikan seminar dan diskusi perihal Desain Interior. Penandatanganan IA ini bertepatan dengan Acara Rapat Kerja (Raker)  HDII Aceh  yang diadakan pada 12 Oktober 2024 di Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut juga ditandatangani MOA dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar Raniry dan Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Universitas Syiah Kuala. Tujuannya sama-sama untuk komitmen Kerjasama terutama dalam kegiatan rutin Goes to Campus.

Implementation Agreement antara Desain Interior ISBI Aceh dengan HDII Aceh yang pertama telah ditandatangani pada Mei 2024. Pada saat itu, IA yang ditandatangani terkait dengan penyelenggaraan Kegiatan Seminar Desain Interior Aceh yang akan menjadi agenda rutin Prodi Desain Interior ISBI Aceh.

Agenda Raker HDII Aceh juga dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Prodi Desain Interior dari ISBI Aceh. Seluruh Dosen Desain Interior ISBI Aceh saat ini telah menjadi anggota aktif organisasi HDII Aceh.

Pada momentum tersebut, Ketua Umum HDII Aceh, Adi Surya Triwibowo, S. Sn., M. Ars., menyerahkan plakat Kerjasama dan Buku Pedoman Hubungan Kerja antara Desainer Interior dan Pemberi Tugas (Buku Ungu) kepada Prodi Desain Interior ISBI Aceh.

Plakat dan Buku diterima oleh Koordinator Prodi Desain Interior ISBI Aceh, Muhammad Naufal Fadhil, S.Ars., M.Arch. Ketua Umum dalam kesempatan tersebut menyambut baik dan memuji keikutsertaan pengajar kampus dalam organisasi profesi. “ke depannya, pengajar dari kampus desain interior di seluruh Indonesia akan saya libatkan dalam bagian penelitian pengembangan, dan penelitian tersebut dapat digunakan oleh professional dan industri untuk memecahkan masalah interior di masyarakat”, tutur Adi Surya Triwibowo yang baru satu bulan menjabat sebagai Ketua Umum HDII Nasional.

Pada kesempatan raker, Ketua HDII Aceh, Hardianto Zainal, S.T., M.T., menetapkan kepengurusan baru HDII Aceh periode 2023-2026. Dalam susunan kepengurusan baru tersebut, beberapa dosen Desain Interior ISBI Aceh termasuk dalam pengurus inti, di antaranya Muhammad Naufal Fadhil, S.Ars., M.Arch, sebagai Ketua Bidang Pendidikan (Edukasi), Nisa Putri Rachmadani, S.T., M.Ds., Ketua Bidang Keprofesian dan Kompetensi, serta Zuhrahmi DE, S.T., M.T. sebagai anggota Hubungan Kerja Sama. Empat orang dosen Prodi Desain Interior lainnya juga telah menjadi anggota aktif HDII Aceh.

Acara raker HDII Aceh juga dihadiri oleh Mahasiswa Desain Interior ISBI Aceh yang ikut bersama dengan mahasiswa arsitektur dari dua kampus lainnya sebagai panitia acara. Menurut Naufal, “para mahasiswa sangat potensial hadir dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan professional dan industri seperti ini. Sebentar lagi, HDII Aceh akan membentuk HDII Student, yaitu Organisasi profesi HDII di tingkat mahasiswa yang tentunya akan semakin mendekatkan lagi mahasiswa dengan dunia kerja dan industri. Tentunya Desain Interior ISBI Aceh harus jadi pioneer HDII Student di Aceh, karena kita satu-satunya Prodi Desain Interior di Aceh”.